Mengenal Golden Age

TeknoIndoNews.Com : Sebagai orang tua yang baik, maka kamu harus mengenal golden age pada anak yang berumur sebelum 5 tahun. Dimana saat itu fisik dan otak anak sedang dalam masa perkembangan yang baik.

Kamu bisa membentuk pondasi perkembangan pada anak dengan berbagai metode yang bagus dan mendidik. Kamu bisa menanamkan berbagai hal terbaik yang akan diingat oleh anak hingga dewasa.

Tujuannya agar kepribadian anak kamu bisa terbentuk pada masa perkembangan dari 0 sampai 5 tahun kedepan. Nah, agar kamu bisa lebih mengenal golden age tersebut, simak ulasannya berikut!

mengenal golden age

Mengenal Golden Age Masa Kritis Pada Anak

Untuk memahami atau mengenal golden age, maka sebagai orang tua kamu harus mengikuti tumbuh kembangnya anak. Dimana masa keemasan ini merupakan momen yang hanya terjadi sekali saja.

Golden age sendiri adalah masa penting yang mempengaruhi perkembangan fisik dan otak pada anak. Dimana masa ini hanya terjadi sejak anak berusia 0 tahun sampai anak berusia 5 tahun.

Dimana pada masa ini, seorang anak akan mengalami pertumbuhan yang pesat yang berpengaruh hingga dia dewasa. artinya pertumbuhan ini akan meliputi banyak hal termasuk kecerdasan si anak.

Kamu bisa melakukan banyak hal yang baik agar diperhatikan oleh anak dan menjadikannya sebagai disiplin. Tujuannya agar si anak tadi bisa memahami hal baik dengan metode yang mereka sukai.

Saat menjajaki masa golden age ini, maka akan ada perkembangan yang berbeda-beda. Dimana kamu harus lebih bersabar untuk menghadapi masa emas pada usia anak semacam ini.

Kamu mesti melakukan hal yang baik dan tidak merusak mental dari sang anak, agar pertumbuhannya tak terganggu. Kemudian memperhatikan gizi dan asupan bagus untuk mereka.

Hal ini tentu saja mempengaruhi empat bagian otak yang mengalami perkembangan secara utuh. Juga meliputi pada bagian otak kanan dan juga otak kiri pada manusia.

Dimana fungsi dari otak kanan adalah mengendalikan semua anggota tubuh sebelah kiri. Hal ini mencakup beberapa aktivitas seperti emosi, imajinasi, intuisi, dan musik, pada tubuh manusia.

Sementara otak kiri berfungsi mengendalikan bagian kanan tubuh manusia. Hal ini meliputi banyak faktor seperti sistematis, rincian, aturan, yang juga memberikan kemampuan seperti baca dan tulis.

Selanjutnya, saat kamu berusaha untuk mengenal golden age, maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Beberapa sikap tersebut seperti:

• Memperlakukan anak dengan hangat agar mereka tetap merasa nyaman disamping kamu.

• Selalu respon terhadap rasa penasaran anak dan menjawab semua rasa ingin tahu mereka.

• Mendidik kedisiplinan anak agar bersikap baik, rapi, sopan, dan lain sebagainya.

• Selalu menerapkan sistem komunikasi yang lancar dan mendidik termasuk baca, tulis, hitung.

• Kamu juga harus memilih berbagai tontonan yang mendidik dan mengandung edukasi.

Mengenal Golden Age Masa Kritis Pada Anak

Beberapa Hal yang Harus Orang Tua Perhatikan

Selama mendekati atau mengenal golden age, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Hal ini akan mempengaruhi masa tumbuh kembang sang anak yang sedang dalam fase perkembangan.

Beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah:

• Melatih perkembangan motorik halus

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah melatih perkembangan motorik halus pada anak. Seperti melatih anak untuk mengancingkan baju sendiri, mengikat tali sepatu, dan belajar menulis.

Selain itu, kamu juga bisa melatih hal lain seperti mencoret-coret kertas, mewarnai, melipat, dan sebagainya. Hal ini harus kamu lakukan secara rutin selama perkembangan si anak.

• Melatih perkembangan motorik kasar

Selain motorik halus, kamu juga harus secara aktif melatih perkembangan motorik kasar. Ini mencakup gerak seperti berenang, berjalan, memanjat, lari, dan berbagai jenis aktivitas lainnya.

• Memperhatikan perkembangan kognitif

Selanjutnya kamu juga harus aktif dalam memperhatikan perkembangan kognitif pada anak. Hal ini mencakup beberapa aktivitas seperti mengajak ke tempat baru, dan berdiskusi tentang yang dilihat.

• Memperhatikan gangguan tumbuh kembang

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan gangguan tumbuh kembang pada masa golden age. Misalnya perkembangan fisik, perkembangan psikis, dan melakukan konsultasi rutin dengan dokter.

• Melihat potensi anak

Selain beberapa hal yang ada di atas, kamu juga mesti memperhatikan potensi yang ada pada anak. Seperti bakat bermusik, menari, tampil didepan umum, dan lain sebagainya.

Apa yang Harus Orang Tua Lakukan?

Setelah kamu melakukan beberapa aktivitas yang dijelaskan diatas tadi, maka kamu harus bisa mengarahkan-nya. Kamu bisa melakukan beberapa hal seperti:

1. Kamu harus sering mengajak anak bermain sambil belajar, dan memberikan pemahaman edukasi dengan berbagai cara yang menyenangkan.

2. Selain itu, kamu juga harus selalu sigap dalam mendampingi anak dari berbagai hal yang bisa merugikan terhadap tumbuh kembangnya.

3. Memberikan pendidikan secara moral, kepribadian, tata krama dan hal lainnya yang akan mempengaruhi kecerdasan si anak.

4. Upayakan untuk memasukkan anak pada sistem PAUD atau pendidikan anak usia dini yang terdekat dengan tempat tinggal kamu.

Penutup

Ulasan mengenai beberapa metode untuk mengenal golden age sudah kami jelaskan pada laman atas. Selanjutnya kamu bisa menerapkan beberapa hal terbaik pada anak kamu pada masa ini. Semoga bermanfaat!

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.