Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Realitas Menarik F1 GP Prancis: Verstappen Samakan Catatan Stewart

Beberapa bukti dan statistik menarik ada sesudah lomba Grand Prix Prancis, perputaran keduabelas Kejuaraan Dunia Formulasi 1 2022, Minggu (24/7/2022).

Hasil GP Prancis di Circuit Paul Ricard memberikan kesan-kesan tertentu untuk beberapa pembalap. Tribune ke-2 yang diambil Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas F1) jadi hasil terbaik sepanjang musim 2022 berjalan.

Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) memetik hasil finish terbaik, ke-5 (sesudah start dari grid ke-19), sejauh turun di Paul Ricard. Berikut 10 bukti menarik dibalik ajang GP Prancis, kemarin.

fakta menarik lomba balap mobil f1 gp prancis

Data Statistik Dan Fakta-Fakta Menarik Setelah Perlombaan GP Prancis

1. Jumlah Kemenangan Max Verstappen

Juara dunia dari Team Oracle Red Bull Racing itu menulis kemenangan ke-7 pada F1 musim ini, atau yang ke-27 sejauh profesinya di gelaran balap jet darat itu.

Catatan itu membuat Verstappen menyamakan jumlah kemenangan Jackie Stewart juara dunia 3x (1969, 1971, 1973). Rider asal Belanda itu sekarang ada di rangking ke-9 jumlah kemenangan paling banyak di F1, masihlah jauh di bawah si puncak, Lewis Hamilton (103 kemenangan).

Kemenangan di GP Prancis dibikin Verstappen pada balapan ke-130 bersama Red Bull Racing. Dia melalui jumlah rider yang turun paling banyak dengan Red Bull yang awalnya digenggam Mark Webber (129 GP).

Kesuksesan Hamilton finish di urutan ke-2 GP Prancis jadi catatan tertentu karena berikut finish tribune bersama Verstappen yang ke-50 di Formulasi 1.

2. Finish Tribune Ke-2 Lewis Hamilton

Dari 11 balapan saat sebelum GP Prancis, hasil finish terbaik Hamilton hanya tribune ke-3 , masing-masing di Bahrain, Kanada, Inggris, dan Austria. Tribune ke-2 GP Prancis jadi hasil finish terbaik Hamilton sepanjang musim ini berjalan.

Hamilton finish ke-2 pada Grand Prix ke-300. Itu hasil finish P2 yang ke-49 sejauh profesinya sekalian membenahi rekor pribadinya.

Kesuksesan George Russell finish P3 di Paul Ricard sekalian jadi ganda tribune pertama untuk Mercedes musim ini.

hasil pertandingan lomba gp prancis

3. Hasil Terbaik Carlos Sainz di Paul Ricard

Carlos Sainz lakukan kiprah di Formulasi 1 pada 2015. Dengan demikian, balapan pada Pekan lalu jadi lomba GP Prancis keempatnya. GP Prancis baru kembali masuk kalender F1 pada 2018 (selesai vakum mulai 2009) dan selalu diadakan di Paul Ricard.

Pekan lalu, Sainz start dari grid ke-9 tetapi sukses finish di status kelima. Tersebut hasil finish terbaik Sainz di GP Prancis, persisnya di Paul Ricard.

Di GP Prancis, Sainz turun juga dengan ban media sampai 24 lap, menyamakan masa (stint) terlama yang dibikin seorang rider F1 dengan ban itu pada 2021.

4. Fernando Alonso Lalui Jumlah Lap F1 Paling banyak Kimi Raikkonen

Fernando Alonso (BWT Alpine F1) harus menyikat 53 lap Circuit Paul Ricard untuk finish di urutan ke-6 GP Prancis 2022, kemarin.

Dengan demikian, juara dunia 2005 dan 2006 yang turun di F1 semenjak 2001 - dan sempat hiatus pada 2019 dan 2020 - itu keseluruhan sudah menyikat 18.672 lap.

Angka itu melalui rekor jumlah lap paling banyak yang dibikin juara dunia F1 2007 Kimi Raikkonen. Sesudah cuma menyikat 25 lap (dari keseluruhan 53 lap) pada balapan terakhir kalinya saat sebelum pensiun, GP Abu Dhabi 2021, Raikkonen mengumpulkan 18.621 lap F1.

Hasil GP Prancis jadi status finish enam besar ke-2 untuk Alonso pada musim 2022 ini (awalnya dia finish P5 di GP Inggris). Ini jadi hasil finish terbaik Alpine/Renault di Paul Ricard semenjak GP Prancis masuk kembali lagi ke kalender F1 pada 2018.

sirkuit GP Prancis

5. Status Finish Duet McLaren Sama Tepat di Dua Balapan Paling akhir

Dua rider Team McLaren, Lando Norris dan Daniel Ricciardo, masing-masing finish di P7 dan P9 pada GP Prancis, kemarin. Menariknya, hasil finish ini sebagai perulangan dari balapan awalnya, GP Austria.

Untuk Daniel Ricciardo, berikut untuk pertama kali musim ini, dianya sukses merampas point dalam dua balapan beruntun.

sumber ; id.motorsport.com

Posting Komentar untuk " 5 Realitas Menarik F1 GP Prancis: Verstappen Samakan Catatan Stewart"