10 Jenis Backlink Dalam SEO

Sedikitnya ada 10 jenis backlink dalam SEO yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan saat membutuhkannya. Dimana backlink sendiri berfungsi untuk meningkatkan optimasi website kamu.

Seperti yang kamu tahu bahwa SEO merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization”. Atau jika dalam bahasa Indonesia artinya adalah pengoptimalan mesin telusur/ optimisasi mesin pencari.

Untuk mendukung hal ini, sebuah website membutuhkan beberapa backlink pilihan dan berkualitas. Seperti 10 jenis backlink dalam SEO yang akan kami bagikan kali ini sebagai referensi untuk kamu.

manfaat backlink

Mengapa Harus Menggunakan 10 Jenis Backlink Dalam SEO?

Penggunaan 10 jenis backlink dalam SEO tidak harus kamu pilih semua, atau bisa hanya sebagian saja. Hal ini diperlukan bagi seorang blogger untuk meningkatkan optimasi pencarian pada Google.

Tujuannya, agar semua artikel yang dibagikan lebih mudah ditemukan oleh pengguna atau pembaca. Dengan demikian, semakin banyak pengunjung website kamu maka akan semakin menguntungkan.

Namun, terkadang masih banyak blogger yang bingung bagaimana cara mendapatkan backlink tersebut. Dimana tautan ini akan mengarahkan pada website yang dimiliki agar menjadi trending.

Backlink sendiri bisa disebarkan pada berbagai situs yang merupakan otoritas terkenal. Namun, tetap saja kamu harus memilih jenis backlink yang tidak tersaring oleh Google atau dianggap spam.

Bahkan, jika kamu terlalu banyak menggunakan backlink, maka bisa jadi peringkat website kamu semakin menurun. Hal ini karena website kamu dianggap spam oleh pihak Google itu sendiri.

Nah, bagaimana cara memilih backlink yang terbaik dan bisa kamu gunakan untuk optimasi website kamu? Silahkan kamu simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel kami kali ini.

Apa Saja 10 Jenis Backlink Dalam SEO yang Dapat Digunakan?

Untuk melanjutkan pembahasan mengenai 10 jenis backlink dalam SEO yang bisa kamu rujuk. Maka kamu bisa membaca artikel kami kali ini hingga benar-benar selesai sampai akhir.

cara membuat backlink

10 jenis backlink dalam SEO tersebut adalah:

• Contextual

Pertama ada metode contextual backlink yang bisa memaksimalkan fungsi CMS atau “Content Management System” pada website kamu. Kamu bisa menyisipkan beberapa link dalam tulisan.

Mekanisme yang diterapkan oleh backlink satu ini adalah dengan membuat tulisan dengan konteks yang sama dengan link. Sehingga akan diarahkan pada website kamu dan menghindari spam flag.

• Social Bookmark

Social bookmark juga bisa kamu jadikan sebagai rujukan untuk backlink website milik kamu saat ini. dimana metode backlink ini sudah sangat dikenal oleh banyak blogger untuk mengembangkan web.

Kamu bisa menandai dan menyimpan banyak list website yang kamu miliki saat ini pada situs yang populer. Sehingga optimasi pencarian website kamu bisa meningkat dan pastinya menguntungkan.

• Image Sharing

Selanjutnya ada metode backlink yang dinamakan image sharing backlink dengan menggunakan gambar. Dimana kamu bisa menyematkan link website pada gambar dalam situs image sharing ini.

Dengan demikian, kamu bisa menempatkan beberapa link yang mengarah ke website milik kamu. Metode ini juga cukup ampuh untuk meningkatkan optimasi pencarian pada website milik kamu.

• Guestbook

Guestbook memiliki metode backlink dengan menempatkan link web pada halamannya atau contact us. Namun tetap saja kamu harus lebih teliti dan jangan menempatkan link yang terlalu banyak.

Karena jika terlalu banyak, maka kamu website kamu akan dianggap spam oleh Google dan kualitas rendah. Dengan demikian, kamu tidak akan mendapatkan optimasi yang meningkat pada website.

• Blog Roll

Backlink selanjutnya yang bisa kamu rujuk pada sidebar blog atau website kamu adalah blog roll. Dengan metode penyematan link yang mengarah ke web kamu di bagian list sidebar.

Meskipun metode ini sudah jarang dipakai, namun masih cukup efektif untuk menaikkan kualitas web. Tidak ada salahnya kamu coba dengan tetap mengedepankan kaidah atau ketentuan Google.

• Document Sharing

Kamu juga bisa menggunakan backlink dengan metode document sharing atau backlink berbentuk dokumen. Kamu bisa membuatnya dengan bentuk PDF, Excel, Words, bahkan Powerpoint.

Kamu hanya harus mengunggah link dokumen tersebut pada situs yang menampung dokumen. Dengan demikian, nantinya kamu akan mendapatkan metode document sharing backlink.

• Blog Comment

Selanjutnya ada metode backlink yang memungkinkan kamu untuk mendapatkannya dari kolom komentar. Dimana kamu bisa memberikan komentar dengan penyematan link diarahkan ke web.

Tetapi, kamu harus memiliki web yang memuat kolom komentar di dalamnya atau jenis web tertentu. Dengan demikian, kamu bisa melakukan backlink pada web milik kamu secara mudah.

• Link Profile

Link profile menjadi salah satu cara kamu untuk melakukan backlink pada website atau blog yang kamu punya. Dimana cara ini mewajibkan kamu untuk menempatkan link pada profil akun.

Namun, kamu harus membuat akun terlebih dahulu agar bisa menyematkan link yang mengarah ke website kamu.

10 jenis backlink dalam SEO

• Social Media

Metode backlink selanjutnya yang bisa kamu rujuk adalah dengan social media backlink. Dimana kamu bisa memanfaatkan akun sosial media seperti Facebook untuk menyematkan link website.

• Footer

Metode terakhir yang bisa kamu gunakan untuk menyematkan link website adalah penyematan pada footer. Kamu bisa menggunakannya agar optimasi website kamu semakin meningkat.

Penutup

Nah, dari penjelasan mengenai 10 jenis backlink dalam SEO yang dijelaskan diatas. Kamu bisa secara bebas memilih jenis backlink yang menurut kamu paling relevan dan mudah dilakukan.

baca juga : cara agar blogspot terindex di google

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.