Apa Itu Search Intent Keywords

Kamu mungkin belum mengetahui sepenuhnya apa itu search intent keywords yang berguna untuk para marketer. Sedangkan istilah ini merupakan sesuatu yang memang penting dalam kinerja SEO.

Kamu dapat mengetahui apa yang sekarang sedang dicari oleh pengunjung dalam setiap keyword pada search engine. Apalagi metode ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan ranking Google.

Terkait dengan apa itu search intent keywords ini, kamu bisa memahaminya dari penjelasan artikel ini. Agar tidak penasaran, maka silahkan kamu baca artikel ini sampai benar-benar selesai.

Apa Itu Search Intent Keywords

Apa Itu Search Intent Keywords?

Search intent merupakan sebuah tujuan dari pengguna untuk menjelajahi atau menelusuri keyword. Hal ini umum dilakukan pada user untuk menemukan keyword yang ingin mereka temukan.

Umumnya, saat melakukan pencarian pada search engine, pengguna memiliki maksud dan tujuannya. Meskipun dalam hal ini maksud dan tujuan tersebut berbeda-beda.

Tapi tidak menutup kemungkinan pengguna kata kunci atau keyword dari user juga memiliki kemiripan. Biasanya Google akan memberikan opsi pada berbagai keyword yang berkaitan.

Kita ambil contoh, pengguna yang mencari keyword untuk penjualan, maka umumnya akan disajikan juga keyword pengertian. Jadi kedua hal yang berbeda namun disajikan dalam satu pencarian.

Namun ketika kamu ingin menemukan satu keyword secara pasti, maka bisa memasukkan deskripsinya. Misalnya pencarian akan keyword “Harga Jual Jam Tangan Murah Terdekat”.

Dengan pengaplikasian keyword ini, maka kamu memberikan informasi pada Google. Bahwa kamu memang benar-benar ingin mencari hal yang berkaitan dengan keyword yang kamu muat tersebut.

Untuk kamu ketahui, bahwa tujuan Google yakni memberikan hasil yang paling relevan dari pencarian. Dalam hal ini, keyword yang kamu pakai akan mendapatkan penyaringan dari Google.

Jika keyword tidak dianggap bagus, maka Google tidak akan menampilkan dan memberikan peringkat. Artinya, keyword yang kamu tulis tidak akan ditampilkan pada halaman Google pertama.

Apa Saja Jenis-Jenis Search Intent?

Setelah kamu memahami apa itu search intent keywords yang dijelaskan pada laman atas tadi. Maka selanjutnya, kamu bisa mengetahui apa saja jenis-jenis dari search intens itu sendiri.

Artinya search intens ini merupakan alasan bagi pengguna atau user dalam melakukan penjelajahan internet. Kemudian untuk praktiknya, search intens ini dibagi dalam 4 macam, yaitu:

• Informational

Umumnya pencarian yang dilakukan oleh pengguna di halaman Google adalah untuk menemukan berbagai informasi. Biasanya user ingin mengetahui pada suatu hal untuk pembahasan tertentu.

Jadi, Google akan memberikan informasi terkait penelusuran tersebut dengan lebih spesifik dan relevan.

• Transactional

Jika diatas tadi adalah spesifikasi tentang pencarian informasi yang biasanya dilakukan oleh pengguna. Maka, transactional ini search intens mengarah pada tindakan oleh user tersebut.

Bisa dikatakan bahwa user sudah sangat mengetahui apa yang ingin mereka temukan dengan keyword yang spesifik.

• Navigational

Search intens selanjutnya adalah navigational yang memang khusus dimaksudkan untuk navigasi. Dimana pengunjung ingin masuk pada website atau situs tertentu namun tak tahu domain resminya.

Hal ini umumnya dilakukan user dengan cara mengetikkan pencarian pada nama website. Misalnya mereka mengetikkan nama website “Tenses” pada search engine Google untuk ditemukan.

Maka secara otomatis Google akan menyajikan berbagai hal yang terkait dengan website tersebut. Namun tetap harus ingat, metode ini berfungsi untuk website dengan menggunakan organic traffic.

• Commercial investigation

Commercial investigation ini merupakan search intens yang hampir sama dengan navigational. Namun search intens ini merupakan jenis untuk melakukan pembelian dari para pengunjung.

Hanya ada sedikit perbedaan, seperti pengguna akan melakukan pertimbangan sebelum mereka membeli. Atau dapat dikatakan juga lebih memilih untuk melihat berbagai ulasan pembeli lainnya.

Umumnya pengunjung akan memasukkan pencarian dengan spesifikasi yang juga berkaitan. Misalnya memasukkan kata kunci “spesifikasi smartphone ABC” atau kata kunci lainnya.

Jadi, kembali lagi pada Google yang akan menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pencarian tersebut.

Search Intent Keywords

Bagaimana Cara Memaksimalkan Search Intent?

Nah, setelah kamu memahami apa itu search intent keywords? Selanjutnya kamu bisa mempelajari bagaimana cara memaksimalkan search intens untuk dilakukan oleh praktisi SEO.

Meskipun sebenarnya ini bukan merupakan sesuatu yang bisa dengan mudah dilakukan. Hal ini tidak akan lepas dari keuletan kamu sebagai praktisi untuk memaksimalkan search intens tersebut.

Kamu mesti melakukan beberapa survey terlebih dahulu agar bisa mengetahui apa yang banyak dicari pada laman internet. Kemudian meletakkannya pada website atau membagikannya.

baca juga : dasar seo untuk pemula

Sementara langkah untuk melakukan riset konten yang ditampilkan pada Google SERP, adalah sebagai berikut!

1. Kamu harus mengidentifikasi lebih dulu apa saja jenis kata kunci yang akan dioptimalkan.

2. Setelah itu, kamu juga bisa mencari jenis kata kunci pada laman pencarian.

3. Akan ada konten yang ditampilkan pada Google SERP, yang bisa kamu jadikan patokan.

4. Silahkan kamu pelajari semua isi konten tersebut dan serap apa poin penting dari konten.

5. Lalu ini bisa kamu praktekkan pada konten yang akan kamu buat pada website kamu.

6. Maka, proses ini bisa membantu kamu untuk membuat konten berkualitas.

Penutup

Dari penjelasan mengenai apa itu search intent keywords? Yang sudah kami sajikan secara lengkap. Ami rasa kamu sudah cukup memahami apa yang harus dilakukan untuk memaksimalkan search intens.

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.