Belajar SEO Optimasi Search Engine Google

Apa kamu berminat untuk belajar SEO optimasi search engine Google? Dimana metode ini bisa kamu pakai untuk memaksimalkan mesin pencarian Google pada website yang kamu miliki.

Seperti yang kamu ketahui, bahwa akhir-akhir ini algoritma Google selalu tidak pasti dan berubah-ubah. Jadi, sebagai blogger kamu harus bisa mengatasi masalah ini untuk masuk halaman pertama.

Kamu juga harus memiliki strategi dengan belajar SEO optimasi search engine Google agar tetap optimal. Bahkan untuk metode algoritma terbaru yang bisa kamu pelajari dari artikel ini.

Belajar SEO Optimasi Search Engine Google

Berapa Fase Untuk Belajar SEO Optimasi Search Engine Google?

Untuk belajar SEO optimasi search engine Google, kamu bisa mempelajari urutan dari yang paling mudah. Hal ini akan sangat mudah kamu pahami, dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Lihat ulasannya berikut:

• Kerangka dasar SEO

Pemahaman akan kerangka dasar dari SEO merupakan hal penting yang harus kamu kuasai. Dimana SEO merupakan metode untuk mengoptimasi website agar masuk halaman teratas Google.

Saat website kamu berada pada halaman paling atas Google, maka otomatis pengunjung akan banyak. Triknya seperti membuat website lebih cepat dan membuat artikel yang bermanfaat.

Speed optimization web

• Speed optimization web

Kemudian, seperti yang disinggung tadi, bahwa kamu harus bisa membuat optimasi kecepatan web kamu meningkat. Dengan demikian web kamu bisa masuk ranking factor pada halaman Google.

Kamu bisa melakukan optimasi kecepatan ini sesuai dengan apa yang diarahkan. Kamu harus memperhatikan berbagai kendala yang sering terjadi pada server dan konfigurasi serta teknik kompresi.

• Optimasi web untuk mobile friendly

Selanjutnya kamu bisa mengoptimasi website agar lebih mobile friendly dan disukai pengunjung. Apalagi dengan dominasi pengguna Android yang saat ini semakin meningkat setiap harinya.

Jadi kamu bisa melakukan optimasi website agar mudah digunakan pada perangkat digital khususnya Android. Pastinya ini langkah yang diprioritaskan oleh Google agar jadi web teratas.

Beberapa trik yang bisa kamu gunakan dalam hal ini seperti memasang tema responsif, atau menggunakan font mudah dibaca. Lalu whitespace yang cukup dan gunakan AMP atau Accelerated Mobile Pages.

Riset kata kunci

• Riset kata kunci

Melakukan riset KW (Keyword) atau kata kunci juga merupakan faktor yang juga sangat penting. Dimana untuk belajar SEO optimasi search engine Google, kamu harus memahami metode ini.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk riset keyword, seperti search volume. Hal ini berguna untuk menunjukkan jumlah keyword pada Google saat melakukan pencarian.

Kemudian keyword difficulty yang bisa memahami kesulitan kata kunci pada halaman pertama search engine. Trik ini juga harus kamu kuasai untuk menjadikan web kamu masuk pada laman teratas.

Lalu ada juga keyword suggestion yang bisa kamu pakai untuk mengetahui keyword dengan tujuan intent. Ini juga bisa membantu analisa kompetitor untuk menduduki peringkat teratas.

• Buat konten

Setelah kamu melakukan riset keyword, maka selanjutnya kamu bisa membuat konten pada website. Dalam hal ini, kamu juga mesti menguasai beberapa trik jitu untuk membuat kualitas pada konten.

Seperti memastikan konten kamu relevan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Kemudian, kamu bisa membuat konten yang unik dengan volume search yang berkualitas.

Lalu, kamu juga mesti memperhatikan saat memberi informasi yang harus benar atau valid. Dan juga gunakan berbagai trik lainnya agar konten kamu bermutu dan banyak dikunjungi oleh pembaca.

On page SEO

• On page SEO

On page SEO merupakan upaya optimasi guna menekankan perbaikan faktor internal website. Diantaranya adalah penggunaan permalink yang tepat dengan menjelaskan isi konten Anda.

Kamu juga bisa menuliskan meta title dan meta description paling relevan yang tidak terpotong di hasil pencarian. Selanjutnya kamu bisa menata heading dan subheading dengan benar.

• Off page SEO

Off page SEO adalah trik untuk menekankan upaya di luar website kamu. Dalam hal ini kamu bisa memaksimalkan beberapa trik jitu, seperti brand mention untuk mendapatkan trafik yang berkualitas.

Kemudian membuat profil Google Bisnisku untuk memudahkan konsumen menemukan info deskripsi bisnis, foto bisnis, alamat, dan jam operasional. Metode lainnya seperti reviews dan media sosial sharing.

baca juga : quality backlink profile

• Link building

Saat belajar SEO optimasi search engine Google, kamu juga harus menguasai trik link building. Dimana ini merupakan upaya mendapat link dari web lain yang mengarah ke website kamu.

Hal ini berkaitan dengan referring links untuk menunjukkan website sebagai sumber info kredibel. Kemudian, jangan lupa pastikan link dapatkan memiliki relevansi dengan topik yang menarik.

Selain itu, kamu perlu membangun domain authority, guna memperhatikan jenis link DoFollow atau NoFollow.

Local SEO

• Local SEO

Local SEO merupakan satu trik untuk memunculkan website di peringkat teratas pencarian lokal search engine. Hal ini juga sangat penting jika mengingat 46% pencarian dilakukan secara lokal.

Penutup

Nah, dari penjelasan diatas mengenai belajar SEO optimasi search engine Google, pastinya kamu sudah cukup mengerti. Kamu bisa menerapkannya sekarang juga dan selamat mencoba!

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.