Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

TeknoIndoNews.Com : Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi seputar aplikasi mobile jkn bpjs kesehatan, duta BPJS Kesehatan Belum lama ini meluncurkan aplikasi mobile JKN agar masyarakat dapat menikmati layanan jkn-kis tanpa perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan

Jadi kalian nggak perlu repot-repot lagi ya, cukup diakses lewat ponsel jadi lebih efisien dan praktis kan !, aplikasi mobile JKN dapat diunduh pada App store dan Play Store dengan mengetikan kata pencarian "mobile JKN"

Lalu pilih aplikasi mobile JKN seperti ini setelah diunduh Anda dapat menjalankan aplikasi mobile JKN, nah pada saat tampilan awal JKN ada 3 pilihan menu yaitu :

Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

- Pendaftaran peserta baru

- Pendaftaran pengguna mobile

- Login

Nah sekarang saya akan menjelaskan cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi mobile JKN, 

Fitur Pendaftaran peserta baru bagi anda yang belum memiliki kartu jkn-kis maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan memilih menu Pendaftaran peserta baru,

Selanjutnya anda akan diminta untuk membaca pernyataan menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan

Kemudian pilih saya setuju akan tampil halaman untuk memasukkan Nik atau KTP peserta yang akan didaftarkan

Masukkan Nik atau E-KTP Anda lalu tekan tombol cari maka akan tampil data peserta sesuai dengan yang tercatat pada dukcapil dengan demikian anda setiap melakukan Pendaftaran peserta baru.

Dan apabila data Anda belum terdapat di dukcapil maka anda harus segera mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga untuk memperbarui data,

dalam fitur Pendaftaran peserta baru anda akan diminta untuk mengisi dan melengkapi data pribadi memilih faskes dan faskes gigi.

Isi data anda dengan benar dan lengkap kemudian masukkan email anda lalu tekan tombol simpan nomor verifikasi akun mobile JKN akan dikirimkan melalui email,

setelah itu buka email anda untuk mendapatkan nomor verifikasi sebagai penentuan kebenaran data yang Anda masukkan, kemudian isi nomor tersebut pada pop-up verifikasi pendaftaran alamat email dan tekan tombol verifikasi.

Aplikasi akan menampilkan data peserta yang berhasil didaftarkan, selain itu secara otomatis akan mengirimkan nomor virtual account kepada seluruh peserta dan keluarga melalui email.

Lakukan pembayaran iuran sesuai nomor virtual account Anda bisa langsung via mesin ATM, internet banking maupun tunai lewat bank dan kantor pos juga Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Traveloka fitur go-pay di aplikasi go-jek dan lain-lain.

Saat ini terdapat kurang lebih 500rb channel support pembayaran baik itu berupa digital modern outlet atau PPOB tradisional outlet maupun perbankan, jadi tidak ada alasan lagi ya kalau kalian telat bayar iuaran nya hehehe.

Setelah itu Buka aplikasi mobile JKN Anda dan siap untuk diakses.

channel pembayaran

Fitur Registrasi Aplikasi JKN

Bagi Anda yang sudah mempunyai kartu JKN Kis dapat memilih menu pendaftaran pengguna mobile kemudian isi data sebagai berikut :

- nomor kartu JKN KIS

- nomor KTP atau Nik

- tanggal lahir

- nama ibu kandung 

- Email

- nomor HP

- password dan konfirmasi password

Catatan : untuk pengisian password dan konfirmasi password harus sama ya temen-temen.

Sesuai dengan data yang telah didaftarkan pada BPJS Kesehatan sebelumnya setelah terdaftar kode aktivasi akan dikirim melalui email dan anda sudah bisa login setelah mengkonfirmasi kode aktivasi tersebut.

Mobile JKN hadir dengan fitur-fitur yang mempermudah anda dalam menikmati layanan BPJS kesehatan pada menu navigasi terdapat fitur profile yang menampilkan nama nomor kartu JKN KIS dan email yang telah didaftarkan

Fitur notifikasi digunakan untuk menampilkan pemberitahuan yang diberikan oleh sistem untuk mengingatkan pembayaran tagihan peserta atau hal-hal yang terkait layanan jkn-kis

Panel menu peserta Terdapat 4 fitur yakni :

- Peserta

Menu fitur peserta berisi identitas peserta dengan anggota keluarga yang menjadi tanggungan.

- Kartu Peserta

Fitur kartu peserta untuk melihat foto kartu JKN Kis Anda fitur ini berfungsi untuk menampilkan kartu jkn-kis dalam bentuk digital yang dapat ditunjukkan ke Fasilitas Kesehatan sebagai pengganti kartu JKN Kis

- Ubah Data Peserta

Selanjutnya ada fitur ubah data peserta untuk mengubah data kelas faskes dan faskes gigi peserta setiap perubahan data yang dilakukan akan selalu membutuhkan verifikasi melalui email atau nomor ponsel Anda.

Isi kode verifikasi pada pop-up yang ditampilkan jika verifikasi tersebut berhasil maka sistem akan menampilkan pesan pemberitahuan.

- Pendaftaran Peserta

Pada fitur Pendaftaran peserta untuk mendaftarkan peserta baru JKN Kis.

baca juga : Mengenal Apa Itu Asuransi Jiwa

Pada panel menu tagihan terdapat yakni :

- Fitur Premi

Fitur premium memberikan informasi mengenai tagihan masing-masing anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta Mandiri atau Bukan Pekerja dan Total tagihan dalam satu keluarga.

- Pembayaran

Fitur pembayaran menjelaskan tata cara pembayaran iuran melalui channel pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

- Catatan Pembayaran

Fitur catatan pembayaran menampilkan secara Real Time history pembayaran premi peserta Mandiri atau bukan pekerja atau iuran dan denda-denda yang telah dibayarkan dengan memasukkan nomor kartu BPJS kesehatan atau nomor virtual account lalu pilih tombol "cari".

- Cek Virtual Account

Fitur cek Va atau virtual machine digunakan untuk menampilkan nomor virtual dengan peserta Mandiri atau Bukan Pekerja yang digunakan untuk pembayaran premi peserta, caranya mudah ya kalian bisa memasukkan nomor NIK lalu pilih tombol "cari".

- Riwayat Pelayanan

Pada pada menu pelayanan terdapat fitur riwayat pelayanan skrining dan pendaftaran pelayanan pelayanan digunakan untuk menampilkan history riwayat pelayanan peserta yang telah dilakukan pada fktp yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

yg berfungsi untuk memberikan rating pelayanan FKTP, Terhadap hasil pelayanan yang diberikan kesehatan digunakan untuk peserta dan anggota keluarga terdaftar dalam melakukan skrining kesehatan.

Jika sudah pernah melakukan skrining dan belum lewat 1 tahun akan tampil hasil skrining terakhir jika belum pernah melakukan skrining atau sudah pernah tetapi sudah lewat 1 tahun akan masuk menu skrining

Anda bisa mendaftar skrining riwayat kesehatan dengan menjawab terlebih dahulu pertanyaan seputar riwayat penyakit pada kolom yang tersedia, untuk fitur pendaftaran Pelayanan hanya dapat digunakan oleh peserta yang Fasilitas Kesehatan tingkat pertama nya sudah menggunakan sistem pendaftaran antrian dari BPJS Kesehatan

Sebelumnya pastikan dulu bahwa faskes anda sedang dalam keadaan buka setelah itu isi kolom pendaftaran sesuai Polri yang diinginkan Lalu Anda akan mendapat nomor antrian jika nomor antrian Anda terlewat Anda dapat mengambil nomor antrian baru

- Fitur Info JKN

Pada panel yakni fitur info JKN yang menampilkan informasi terkait jaminan kesehatan nasional dimana terdapat kategori pendaftaran, hak dan kewajiban, sanksi, fasilitas dan manfaat.

- Fitur Lokasi

Fitur lokasi berisi informasi tentang contoh regional kantor cabang Fasilitas Kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan tingkat lanjut yang terdekat dengan posisi anda fitur ini dengan GPS dan dapat ditelusuri melalui peta Google.

- Fitur Pengaduan & Keluhan

Untuk fitur pengaduan keluhan merupakan layanan pengaduan 24jam bagi peserta yang ingin Menyampaikan keluhan yang terhubung langsung dengan BPJS Kesehatan care center 1/500 400 Adapun dapat melakukan pengaduan keluhan tertulis dengan mengisi kolom yang tersedia.

- Fitur Pengaturan

Pada fitur pengaturan bisa digunakan untuk mengubah kata sandi atau password dan untuk keluar dari aplikasi jika anda keluar maka aplikasi akan menampilkan halaman login awal.

Oke jadi itu saja ulasan tenang aplikasi mobile jkn bpjs kesehatan, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat ya. Salam sehat dan sukses selalu. Terima kasih.

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.