Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saham Itu Apa ? Belajar Investasi Saham untuk Pemula

teknoindonews.com : Saham itu apa sih !. Nah di artikel kali ini kita bakal ngomongin tentang saham ya temen-temen, sebelum lanjut kalau nggak tahu 1% itu apa kita adalah startup pendidikan yang pengen ngajarin hal-hal penting yang saat ini belum diajarkan di sekolah konvensional

Mulai dari relationship sampai dengan personal Finance sekaligus banyak hal penting menurut Kami perlu dipelajari di sekolah nah pembahasan kali ini kita sedang ada di segmen personal Finance, yuk tanpa harus banyak basa-basi lagi simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Saham Itu Apa

Apa Itu Saham ?.

Oke kita mulai Saham adalah surat yang menandakan kepemilikan lo di sebuah perusahaan contohnya gini kalau gua punya saham di perusahaan pembuat kopi misalnya sebesar 20% ya gua berarti punya 20% dari perusahaan Itu jadi dari seluruh benda barang yang dimiliki suatu perusahaan 20% nya adalah milik gue dan apabila kita analogikan kayak Slice pizza ya

kalau misalnya lu punya 20% tuh nah lo kayak punya semacam 20% Selain itu dari perusahaan dan kalau perusahaannya untung maka dari keseluruhan keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan otomotif 20% dari untungnya itu punya gua

pasti di sini lu mikir kayak gini ?, Oke gua ngerti tapi gua belum ngerti kenapa saham itu di dagangin ya !. Kenapa sih ada orang yang trading saham, beli saham, nabung saham, jual saham dan banyak hal lainnya yang gua kagak ngerti !.

Oke Sebelum gua jawab pertanyaan itu lo harus tahu dulu bahwa saham itu punya nilai tertentu ya, karena ada yang harganya murah dan ada juga yang harganya mahal,

nah harga jual beli saham Ini kenapa sih bisa murah dan mahal !. Tentu bisa ya, ini bisa dijelaskan kayak ibaratkan lu beli makan deh, makin gede makanan akan makin mahal dong harganya

hukum ini juga berlaku di saham semakin gede perusahaannya atau semakin bagus perusahaan dan semakin keren perusahaannya otomatis semakin mahal harga sahamnya, kalau beli saham dari perusahaan kecil dengan membeli saham dari perusahaan yang udah gede itu berbeda ya hasilnya dan ini sudah gampang di cerna penjelasan yang super duper simple.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Emang gak bisa se-simpel itu kalau ngomongin harga saham soalnya besar kecilnya suatu perusahaan tuh bukan satu-satunya faktor yang menentukan harga saham

ini banyak banget faktor lain yang gak bisa kita ketahui semuanya yang bisa menentukan harga saham ini jadi Mahal atau murah analoginya kayak tadi sama kayak lu beli makanan Kayak misalnya pergi ke restoran terus makan, eh ternyata makanannya kecil tapi kok Makanannya mahal ya !,

kalau mau ke restoran kan makanan di restoran tuh enak, itu sudah pasti terjamin itu orang juga punya nilai pandangan yang baik pada si restoran gitu kan, jadi orang bersedia beli dengan harga mahal udah itu Tempat makanan juga enak kan, dan lain sebagainya ya.

perusahaan juga sama banyak hal yang bisa mempengaruhi harga saham suatu perusahaan dan itu tergantung perusahaan ini di pasar harganya berapa dan faktornya banyak ya

Misalnya CEO nya siapa kalau seumpama orang yg terkenal mungkin bisa jadi lebih mahal, terus Sejauh ini ke CEO gimana untungnya gede ga ?, dan sejauh ini perusahaannya terus bisa berkembang nggak ?,

dan kira-kira bakal scalable gak ?, kira-kira bisa bertahan atau enggak nih beberapa tahun ke depan dan bahkan sampai ke kayak rumor-rumor atau isu tertentu itu bisa ngaruh ke harga perusahaan atau tidak !. Dan biasanya ini sudah masuk teknikal fundamental ya kalau udah seperti ini !.

Jadi inti nya itu banyak banget nih kalau ngomongin tentang harga saham itu sangat luas hal yang bisa mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut

nah pertanyaan yang belum terjawab sekarang adalah Kenapa sih orang jual beli saham untungnya dari mana ?.

pengertian harga saham

Jadi gini temen-temen, saham itu kalau buat perusahaan berguna untuk mengembangkan bisnis mereka misal lu beli saham ke perusahaan kopi ibaratnya kan lo ngasih duit tuh ke perusahan kopinya,

nah duit ini yang didapatkan sama perusahaan biasanya akan dipakai untuk mengembangkan perusahaannya yang awalnya mungkin jualan kopinya cuman di Bandung doang Nih, karena udah dapet duit dari investor saham / yang menanamkan modalnya itu saat beli saham nih bisa jadi si tukang kopinya ini jualan di Australia karena udah punya duit buat bayar orang baru udah punya duit buat bikin produk baru yang segmentasi nya baru juga di Australia

Banyak lagi yang bisa perusahaan ini lakukan untuk mengembangkan bisnisnya Nah kalau tadi kan untung buat perusahaannya yang menjual saham nih, terus untungnya buat kita nih yang beli saham itu apa ?

ini kalau lu jeli dan paham dengan bahasan gua dari tadi Harusnya lu bisa ngeh ya, untungnya jual beli saham itu dari mana ?.

baca juga : Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Yang udah gue jelasin tadi semakin bagus dan besar perusahaannya semakin besar harga sahamnya dan yang awalnya mungkin mau beli saham perusahaan company 20% itu dengan harga 2 miliar kalau perusahaannya berkembang pesat dan makin bagus bisa jadi harga saham yang akan naik

yang semisal tadi lo beli 20% itu 2 miliar mungkin ketika orang mau beli sekarang harganya jadi 4 miliar Nah kalau gitu loh bisa jual doang sih sama ini ke orang lain yang mau beli kalau misalnya udah kejual loh Untung dong 2 miliar nah orang-orang yang main saham itu untungnya dari sana mereka beli soalnya masih murah pas udah mahal mereka baru jual.

Oke jadi mudah ya untuk memahami pengertian dari saham itu apa ?, dari ulasan di atas, semangat selalu dan semoga bisa bermanfaat ya. Terima kasih.