24 Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2023

Halo sobat tekno indo news semua, nah di kesempatan kali ini kami akan berbagi info update seputar Hari Libur dan Cuti Bersama 2023, nah bagi kalian karyawan swasta ataupun Pegawai negri, BUMN tentu sangat menunggu-nunggu momen ini ya, hehehe.

Dan inilah waktunya yg tepat untuk mengambil kalender dan buat gagasan berlibur tahun depan. Karena, pemerintahan sudah memutuskan liburan cuti bersama dan nasional. Untuk liburan nasional, tidak banyak peralihan pada 2023. Masih 16 hari, sama dengan 2022.

Hari Libur dan Cuti Bersama 2023

Tetapi, akan banjir liburan cuti bersama. Karena, pemerintahan kembali memberi tambahan liburan yang awalnya ditiadakan karena wabah Covid-19. Misalkan, menambahkan jumlah cuti bersama perayaan Idul Fitri sekitar empat hari.

Menariknya kembali, tiap perayaan hari besar keagamaan seperti Imlek, Nyepi, Waisak, dan Natal dibarengi cuti bersama.

Perayaan Hari Raya Nyepi pada 22 Maret 2023, contohnya. Pemerintahan menambahkan liburan cuti bersama pada 23 Maret 2023 sesuai saran Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Persetujuan itu tercantum pada surat keputusan bersama (SKB) yang sudah diberi tanda tangan menteri agama, menteri ketenagakerjaan, dan menteri pemberdayaan aparat reformasi birokrasi dan negara.

"Tahun 2023 sudah diputuskan untuk liburan nasional 16 hari. Hingga keseluruhan liburan nasional dan cuti bersama pada 2023 sekitar 24 hari," ungkapkan Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sesudah rapat koordinasi penentuan liburan nasional dan cuti bersama 2023 di kantor Kemenko PMK, Jakarta, tempo hari (11/10).

Jumlah itu terdaftar terbanyak dalam 3 tahun terakhir. Tahun ini saja jumlah liburan nasional dan cuti bersama cuma 20 hari. Pada 2021 lebih kurang kembali, cuma 17 hari. Pemerintahan menyengaja menyunat beberapa cuti bersama buat menghindar kepadatan warga saat liburan panjang pada peristiwa pagebluk Covid-19.

Nach, tahun depannya minimal ada tiga peristiwa long akhir pekan yang dapat digunakan untuk liburan. Pertama, 7 April 2023 dalam rencana Meninggal dunia Isa Almasih yang jatuh pada Jumat. Hingga dapat dikombinasi dengan liburan di akhir pekan.

Selanjutnya, Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023. Liburan nasional yang jatuh pada Kamis ini langsung akan diikuti cuti bersama dalam rencana Hari Raya Waisak yang diputuskan pada Jumat, 2 Juni 2023. Dalam pada itu, liburan nasional Waisak ditetapkan pada Minggu, 4 Juni 2023.

Maknanya, ada liburan empat hari beruntun yang bisa digunakan. Paling akhir, pada peristiwa tahun akhir 2023, long akhir pekan dapat dicicipi mulai Sabtu-Selasa, 23-26 Desember 2023. Karena, 25-26 Desember 2023 sebagai peristiwa perayaan Hari Raya Natal.

Muhadjir mengatakan, penentuan hari liburan nasional dan cuti bersama tahun 2023 ditujukan sebagai dasar untuk warga, bidang ekonomi, dan bidang swasta dalam beraktivitas.

Terhitung referensi untuk kementerian dan instansi pemerintah dalam tentukan rencana beberapa program kerja. Oke jadi itu saja ya temen-temen info tentang Hari Libur dan Cuti Bersama 2023, semoga bisa kalian nikmati hari-hari libur kalian bersama keluarga, sahabat, kerabat untuk melepas kepenatan, lelah dan bisa bersemangat lagi nantinya.

sumber : (jawapos.com)

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.