Apa Itu SEO Local Citations

Banyak blogger pemula yang memang belum mengerti apa itu SEO local citations? Untuk itu, dalam artikel yang kami bagikan kali ini, kami menjelaskan secara lengkap pengertian dan fungsinya.

SEO local citations, juga kerap disebut dengan Google my business atau google bisnisku. Ini merupakan perpaduan antara local dan citations yang disatukan untuk website yang kamu kelola.

Untuk mempelajari apa itu SEO local citations? Memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, agar lebih paham, lihat ulasannya berikut ini!

SEO Local Citations

Apa Itu SEO Local Citations?

Kita awali ulasan terkait apa itu SEO local citations? Dengan mendeskripsikan satu per satu pengertian mulai dari SEO lokal, citations, dan Google bisnisku.

Jika dilihat secara menyeluruh SEO Local Citations adalah metode mencari sesuatu pada mesin pencari dalam satu wilayah.

Sementara citations sendiri merupakan rekomendasi website lain terhadap berbagai info dan data dari produk yang kamu jual.

Google bisnisku atau Google My Business adalah alat yang disediakan Google untuk mempermudah klien mengetahui informasi bisnis.

Hal ini mencakup beberapa faktor terkait nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon, email, operasional, website, foto, sampai review klien.

Citation sendiri merupakan optimasi Google bisnis yang perlu kamu bangun agar Google memberikan rangking pada akun Google bisnisku.

Untuk metode pengoperasiannya, kamu hanya perlu klik submit ke directory bisnis dan juga marketplace.

Namun tetap saja kamu harus memperhatikan jika NAP atau name, address, phone pada Google bisnisku berbeda dengan yang kamu submit ke directory listing atau marketplace.

Hal ini menjadi penting, karena jika NAP tersebut berbeda, maka optimasi Google bisnisku milik kamu tersebut akan sia-sia saja.

Bagaimana Cara Optimasi Google Bisnisku?

Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai apa itu SEO local citations? Secara menyeluruh. Sebaiknya kamu perhatikan dulu trik untuk mengoptimasi Google bisnisku.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi Google bisnisku yang dikelola. Supaya tidak penasaran, silahkan kamu lihat tutorial berikut!

• Pertama kamu harus mengisi dulu semua form dari Google bisnisku sesuai data yang lengkap.

• Kamu bisa melakukan banyak review dan memberikan rate bintang untuk memposisikan Goggle bisnis yang kamu kelola saat ini.

• Kamu juga mesti menggunakan keyword utama untuk deskripsi, foto, posting, dan produk yang kamu punya.

• Kamu bisa menggunakan brand atau nama produk agar tidak melanggar tos google.

• Karena jika kamu melanggar, maka bisnis dan akun kamu akan diedit oleh kompetitor dan bisa jadi dihapus.

• Optimasi Google bisnisku selesai dilakukan.

Bagaimana Cara Memeriksa Local Citations?

Nah, setelah kamu memahami apa itu SEO local citations? Selanjutnya kita ulas bagaimana cara memeriksanya. Hal ini diperlukan agar kamu lebih menguasai trik untuk optimasi yang dilakukan.

Silahkan kamu simak penjelasannya dibawah ini!

Bagaimana Cara Optimasi Google Bisnisku

1. Gunakan metode manual

Kamu bisa menggunakan metode manual untuk memerikasi local citations hingga 100 lebih sumber. Kamu bahkan bisa memeriksa semua situs local citations secara mudah dan juga cepat.

2. Lakukan pemeriksaan daftar lokal otomatis

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan daftar lokal secara otomatis pada semua website untuk inklusi dan akurasi menggunakan alat tertentu.

Apa Saja Jenis Local Citations?

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara memeriksa local citations, selanjutnya pelajari juga beberapa jenisnya. Dimana setiap jenis ini memiliki potensi dan ciri khas masing-masing.

Local citations online bisa kamu dapatkan dari agregasi otomatis dan aliran data platform data bisnis lokal kamu. Beberapa jenis local citations tersebut adalah:

• Search Engines

Search engine ini terdiri dari beberapa media yang penting seperti Google, Bing dan juga Apple.

• Primary Data Aggregators

Media ini yang meliputi beberapa hal seperti  foursquare, data axle, dan juga neustar/ localize.

• Major Directories and Important Platforms

Perlu kamu tahu, jika bisnis lokal kamu bisa dikelola pada situs sosial dan berorientasi seperti Facebook dan banyak lagi.

• Geo/ Industry-Specific Platforms

Kamu bisa mengupayakan untuk membuat cantuman pada situs website khusus guna industri dan geografi agar semakin unik.

Media ini meliputi situs web marketplace atau situs web asosiasi juga serikat profesional yang dapat kamu manfaatkan.

• Unstructured Citations

Kamu bisa membuat kutipan tambahan dengan mengandalkan beberapa faktor yang juga penting. Seperti menggunakan blog, situs berita, aplikasi, peta, dan lain sebagainya yang berkaitan.

Meskipun tidak dicantumkan secara khusus dan terstruktur, hal ini bisa juga kamu jadikan sebagai referensi.

• Owned Properties

Kepemilikan properti pada situs web merupakan representasi yang memang paling otoritatif dari semua data bisnis kamu di Internet.

baca juga : Cara Mengaktifkan Domain Expired yang Benar

Penutup

Dari penjelasan diatas, kami yakin kamu sudah memahami apa itu SEO local citations? Kamu bisa membagikan artikel ini pada teman lainnya yang membutuhkan referensi semacam ini.

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.