Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Secara sistem yang terbaru ternyata kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan Windows 11. Dimana OS ini adalah varian yang baru saja diluncurkan oleh pihak Microsoft keseluruh dunia.

Windows 11 ini merupakan versi lanjutan dari Windows 10 yang sudah lebih dulu diluncurkan. Jadi, kamu bisa mencoba versi ini untuk merasakan berbagai perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Kamu bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Windows 11, jika sudah pernah mengoperasikannya. Bagi yang belum, maka bisa menyimak penjelasan kami berikut ini!

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Mengapa Perlu Mempelajari Windows 11

Ada banyak jenis sistem pengoperasian Komputer yang dikembangkan oleh pihak Microsoft. Ini dimulai dari beberapa versi awal sistem yang sudah banyak sekali digunakan para user.

Sistem yang paling umum dan digunakan oleh banyak pengguna seperti Windows 7, 8, dan 10. Namun, kali ini kamu sudah bisa menikmati varian yang paling baru yakni Windows 11.

Seperti yang sudah kami jelaskan pada laman atas tadi, bahwa ada kelebihan dan kekurangan Windows 11. Dimana kamu bisa mempelajarinya secara mudah untuk dijadikan sebagai bandingan.

Sebagai sebuah sistem yang baru dirilis dari versi sebelumnya yakni Windows 10. Windows 11 juga memiliki banyak ekspektasi yang tinggi dan juga merupakan versi yang didambakan banyak user.

Hal ini bisa kamu lihat dari segi tampilan dan desain dari versi terbaru dari pengembang Microsoft ini. Dimana kamu bisa melihat banyak hal baru seperti menu Start, Taskbar, File Explorer, dan lainnya.

Bahkan ada banyak penambahan fitur terbaru yang memang belum ada pada versi sebelumnya. Inilah yang dikatakan sebagai kelebihan dari Windows 11 dengan semua perubahan yang dilakukan.

Namun begitu, bukan berarti dalam sistem ini tidak memiliki kelemahan yang bisa dipelajari. Justru kamu bisa melihat semua kelebihan dan kekurangannya setelah menginstalnya kedalam perangkat.

Dengan begitu kamu akan lebih jelas membedakan antara kelebihan dan kekurangan yang ada pada Windows 11. Tapi, jangan lupa kamu juga harus menyesuaikan jenis perangkat yang akan dipakai.

Karena jika tidak sesuai, maka menginstal versi ini juga akan pecuma dan sia-sia. Karena sistem yang diinstal tidak kompatibel dan pastinya tidak bisa dijalankan sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, bagi kamu yang belum memiliki perangkat kompatibel untuk menginstal sistem Windows 11 ini. Maka kamu bisa menyimak penjelasan yang akan kami bagikan pada laman dibawah ini!

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 11 yang bisa kamu ketahui meskipun belum menginstalnya. Untuk itu, silahkan kamu simak baik-baik penjelasan ini hingga benar-benar selesai.

1. Menu start merupakan turunan Windows 10

Dalam versi ini, dikatakan bahwa menu start pada Windows 11 memang memakan banyak ruang. Selain itu menu ini diletakkan di tengah monitor atau layar Komputer sehingga agak mengganggu.

Versi ini juga memiliki penawaran pinned aplikasi yang diletakkan pada bagian atas layar Komputer. Jadi saat user ingin mengakses aplikasi, maka harus mengarahkan kursor ke start > all pages.

2. Sulit membuka task manager melalui taskbar

Pada versi Windows 11 ini, kamu hanya bisa menggunakan menu task manager dengan mengklik kanan pada layar. Setelah itu kamu klik lagi pada menu start untuk menggunakan task manager.

Ini tentunya agak sedikit menyulitkan para pengguna yang mungkin masih baru atau masih awam. Dimana metode ini sangat berbeda dengan sistem yang digunakan versi sebelumnya Windows 10.

Artinya, dengan perubahan semacam ini, akan membuat kamu sedikit kebingungan untuk mengoperasikannya. Namun demikian, kamu tidak butuh waktu lama untuk mempelajarinya.

Mengapa Perlu Mempelajari Windows 11

3. Menu yang semakin pendek

Seperti yang kamu juga ketahui bahwa konteks merupakan ekstensi shell yang sangat penting. Dimana kamu bisa mengoperasikan file secara simple dengan mengandalkan menu konteks ini.

Namun pada versi Windows 11 ini, kamu akan melihat menu konteks yang semakin pendek. Untuk tampilan semua opsi kamu harus menekan show more lalu menekan opsi shortcut shift + f10.

baca juga : Mengenal Macam-Macam Linux dan Penjelasannya

4. Tidak ada menu open file location

Pada versi sebelumnya, yakni Windows 10, kamu bisa menemukan menu open location dengan mudah. Kamu hanya perlu klik kanan pada layar dan kemudian memilih menu tersebut.

Namun, pada versi lanjutan Windows 11 ini, kamu tidak akan menemukan lagi menu open location tersebut. Dimana kamu akan sulit untuk menggunakannya khususnya untuk open location.

5. Butuh antivirus pihak ketiga

Pada versi ini,kamu akan melihat fitur anti virus default yang tergabung dengan Windows Defender. Kamu tidak membutuhkan terlalu banyak hard drive eksternal atau USB untuk digunakan.

Namun antivirus default tidak cukup ampuh untuk mengatasi serangan virus malware atau trojan. Jadi, kamu tetap membutuhkan aplikasi antivirus tambahan yang harus diinstal secara eksternal.

Penutup

Nah, jelas kamu sudah mengerti inilah kelebihan dan kekurangan Windows 11 yang dapat kamu pelajari. Kamu bisa menjadikannya sebagai referensi jika ada teman lainnya yang membutuhkan.

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.