Mengenal Macam-Macam Linux dan Penjelasannya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas macam-macam Linux dan penjelasannya. Dimana fungsi dari sistem operasi ini sudah sangat populer di kalangan para pengguna desktop Window dan Mac.

Kamu juga bisa dengan mudah memilih distro Linux yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Sistem ini memiliki sifat terbuka atau open source dan sudah jelas bisa kamu manfaatkan.

Bahkan sistem ini juga bisa dikembangkan dengan mudah untuk tujuan yang berbeda-beda. Nah, agar tidak penasaran apa saja macam-macam Linux dan penjelasannya, baca artikel sampai selesai!

Macam-Macam Linux dan Penjelasannya

Jika dilihat dari jenisnya, sedikitnya ada 8 macam-macam Linux dan penjelasannya yang bisa kamu pelajari. Kamu bisa menentukan sendiri pilihan jenisnya, seperti beberapa diantaranya berikut:

Kali Linux

• Kali Linux

Rekomendasi pertama mengenai macam-macam Linux dan penjelasannya adalah Kali Linux. Dimana sistem ini memungkinkan kamu untuk mempelajari teknik hacking dan penetrasi.

Sistem dikembangkan oleh Offensive Security, yang bertujuan untuk uji kemampuan dan peretasan Komputer. Dalam Kali Linux ada pilihan desktop environment seperti XFCE, KDE, dan LXDE.

Perlu kamu tahu, dalam sistem ini akan selalu mendapatkan pembaharuan dari pengembang. Dimana kamu bisa dengan mudah mempelajarinya khususnya untuk metode peretasan Komputer.

Zorin OS

• Zorin OS

Zorin OS merupakan jenis varian Linux yang dikembangkan oleh developer Ubuntu. Dimana sistem ini memiliki tampilan yang dibuat mirip dengan Windows secara signifikan dan hampir detail.

Banyak pengguna yang menjadikan alasan bahwa tampilan ini menarik sehingga mereka tertarik menggunakannya. Jika kamu berminat, maka tidak ada salahnya juga apabila kamu coba sistemnya.

openSUSE

• openSUSE

openSUSE juga termasuk pada jenis Linux yang bisa kamu gunakan untuk sistem administrator. Dimana jenis ini kemudian dibagi lagi pada dua macam seperti Tumbleweed dan Leap.

Sistem yang satu ini akan selalu mendapatkan pembaruan dari pengembangnya dan sangat cocok kamu gunakan. Dimana kamu bisa memilih kedua versi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Fedora

• Fedora

Versi Linux selanjutnya ada Fedora, yang dikembangkan oleh developer Red Hat dengan paket YUM dan RPM. Dimana varian Linux yang satu ini sudah diluncurkan mencapai jumlah 32 versi.

Jadi kamu bisa dengan mudah menggunakan versi apa saja yang kamu butuhkan. Dimana sistem ini juga selalu mendapatkan pembaruan dan kamu bisa menggunakannya dengan sangat mudah.

baca juga : 

Nama FF Couple Keren

Parrot OS

• Parrot OS

Parrot OS juga merupakan sebuah sistem yang bisa dimanfaatkan oleh user untuk tujuan penetrasi. Dimana sistem ini juga memiliki basic Debian yang bisa dikatakan mirip dengan jenis Kali Linux.

Ada banyak pilihan desktop environment pada sistem ini mulai dari MATE, KDE, dan OVA. Jadi, kamu bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan kamu dalam penetrasi atau testing.

baca juga : Nama FF Couple Keren

Elementary OS

• Elementary OS

Berikutnya ada Elementary OS yang juga masuk sebagai rekomendasi macam-macam Linux dan penjelasannya. Kamu bisa memilih jenis ini yang memiliki user interface mirip dengan Mac OS.

Kamu bisa menjadikan sistem ini sebagai pilihan yang bagus saat kamu membutuhkannya. Apalagi, tampilan dari sistem ini juga akan sangat mudah kamu mengerti dan pengoperasian yang cepat.

BlankOn

• BlankOn

BlankOn adalah jenis distro Linux yang dibuat dan dikembangkan oleh developer asal Indonesia. Dimana sistem ini sudah masuk kedalam 100 besar macam Linux yang ada tersebar didunia.

Sistem ini sangat cocok untuk kamu gunakan untuk sistem computing agar lebih mudah. Apalagi jika kamu seorang siswa atau pekerja yang membutuhkan akses Komputer agar aktifitas kamu lancar.

Ubuntu

• Ubuntu

Ubuntu adalah jenis distro Linux yang pasti sudah sangat kamu kenal dan mungkin pernah menggunakannya. Sistem ini memang dikembangkan khusus dan berguna bagi setiap pengguna.

Dengan menggunakan sistem Ubuntu ini, maka kamu tidak akan mengalami kesulitan soal pengoperasiannya. Karena ada jaminan bagi setiap pengguna untuk mendapatkan pembaruan.

Manjaro

• Manjaro

Manjaro adalah jenis distro Linux berikutnya yang mempunyai basic Arch Linux dan sudah sangat populer. Kamu bisa menggunakan sistem ini dengan sangat mudah karena tampilannya simple.

Kamu bisa memiliki beberapa fitur seperti arsitektur, desktop environment, dan jenis build. Bahkan sistem satu ini memang sengaja dikembangkan untuk mendominasi semua kalangan pengguna.

Kamu bisa memilih sendiri jenis varian desktop environment yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu coba gunakan varian ini sebagai sistem.

Linux Mint

• Linux Mint

Linux Mint juga merupakan distro Linux yang dikembangkan dengan basic Ubuntu. Dimana varian ini sudah sangat banyak dipakai para user dengan kelebihan menjalankan aplikasi seperti pada Ubuntu.

Jika kamu merupakan seorang pemula, maka pilihan pada jenis ini sangat cocok untuk kamu pakai. Dimana varian ini memiliki efek transisi yang smooth dan pastinya sangat mudah digunakan.

Penutup

Macam-macam Linux dan penjelasannya sudah secara rinci kami bagikan kepada kamu semua. Jadi, kamu bisa menentukan pilihan untuk jenis distro Linux mana yang dinilai paling cocok digunakan.

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.