10 Negara Terkaya Di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa Ya ?

Apa yang kalian pikirkan tentang negara terkaya di dunia ?, dan apa pula yang terlintas di benak kalian saat memikirkan tentang negara terkecil di dunia !. Nah mungkin temen-temen disini akan terkejut karena mengetahui bahwa negara-negara terkaya di dunia juga termasuk negara kecil,

Lalu Bagaimana ya caranya suatu negara itu bisa menjadi sangat kaya !. Melihat sejarahnya sebagian besar negara kaya mengalami perjalanan linier yang sama dimulai dengan ekonomi berbasis pertanian kemudian mereka mendalami masa industrialisasi yang pesat setelah itu menjadi ekonomi yang berbasis jasa,

ada Beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia misalnya dari pendapatan perkapita para warga negaranya hingga besarnya pendapatan domestik bruto atau PDB

Menariknya ya temen-temen, sejumlah negara dengan jumlah penduduk yang jauh lebih sedikit memiliki PDB perkapita yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara dengan penduduk yang jauh lebih banyak.

Luxemburg

Nah penasaran kan sahabat pintar Negeri mana saja sih yang termasuk negara terkaya di dunia ?.

Berikut Ini 10 Negara Terkaya Di Dunia Di Akhir Tahun 2022

1. Luxemburg

Oke yang pertama adalah Luxemburg : Posisi puncak dari negara terkaya di dunia ini tahun 2022 diduduki oleh Luxemburg, yang dimana negara dengan jumlah penduduk sebanyak 625000 jiwa ini menggunakan kekayaannya untuk layanan kesehatan pendidikan dan rumah yang lebih baik luksemburg tidak terpengaruh oleh pandemi sama sekali

Pada 2022 jantung dari Eropa ini mencetak PDB sebesar 118.000 dolar Amerika Serikat atau 1,6 miliar rupiah.

Tahukah temen-temen, bahwa Luxemburg ini terkenal sebagai negara surga bagi pajak ya negara ber-penduduk 700.000 jiwa ini memang terkenal dengan beban pajaknya yang sangat tinggi, namun hal itu juga dibarengi dengan pendapatan perkapita yang juga sangat tinggi

Data yang didapat dari halaman web bank mencatat bahwa Seorang warga Luxemburg mampu berpenghasilan (140.000.000) juta rupiah setiap bulannya Oleh karena itu luksemburg menjadi negara paling makmur di eropa secara finansial.

Produk ekspor Luxemburg yang paling dominan adalah baja, alat mechanical, berlian, produk makanan dan bahan kimia. Oh ya sistem perekonomian luksemburg juga menjadi percontohan lho bagi banyak negara di dunia.

Karena memang industri teratas di negara ini adalah perbankan dan juga layanan keuangan.

2. Swiss

Dan negara terkaya nomor dua yakni Swiss, tahukah Kamu bahwa Swiss memiliki kepadatan penduduk jutawan tertinggi di dunia, menurut taksiran baru-baru ini terdapat 9428 orang jutawan dan miliarder dalam setiap 100.000 penduduk di Swiss.

Wow fantastis sekali ya, dan PDB per kapita Swiss sendiri yakni sekitar 81.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 1,6 miliar rupiah ekonomi di negara yang dikenal dengan coklatnya ini didukung sektor perbankan, layanan keuangan dan juga pertanian.

Swiss

3. Irlandia

Next : Terkaya nomor 3 yakni Irlandia, sementara seluruh Eropa menghadapi semua jenis ketidakpastian seperti brexit ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat,

krisis pengungsi dan migran ekonomi Irlandia justru terus meningkat bahkan di tahun 2019 sementara zona Euro tumbuhannya 1,2% Irlandia meningkat lebih dari 5,5% mengkonsolidasikan perannya sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat di benua itu.

Dan PDB perkapita Irlandia sebesar 79.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 1,13 miliar, Sumber daya alam seperti pertanian perikanan Kehutanan dan pertambangan serta sektor Farmasi menjadi kontributor ekonomi di Irlandia.

4. Norwegia

Dan peringkat keempat yakni Norwegia. Semenjak penemuan cadangan lepas pantai yang besar pada akhir 1960 an mesin ekonomi Norwegia telah digerakkan oleh minyak sebagai salah satu penghasil minyak bumi terbesar di Eropa Barat.

Tentunya negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga tetapi tidak lagi setelah harga anjlok ditambah pandemik Global terjadi membuat ekonomi terjun bebas

Saat ini perekonomian yang bergantung pada ekspor ini menghadapi Resesi pertamanya sejak krisis keuangan Global Apakah ini berarti bahwa kekayaannya akan berkurang secara signifikan ya temen-temen !.

Jawabannya tidak ya, karena hanya beberapa minggu setelah memangkas suku bunga menjadi 0 Gubernur Bank Sentral negara tersebut mengatakan dia terkejut dengan kecepatan dan kekuatan rebond ekonomi dalam produktivitas di tahun ini.

Untuk pdb-nya sendiri perkapita Norwegia senilai 67000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 967 juta rupiah industri terbesar di negara ini adalah minyak dan gas bumi Selain itu tenaga air dan juga makanan laut.

5. Amerika Serikat

Dan peringkat kelima yang sudah tidak asing lagi yakni Amerika Serikat. Amerika serikat menjadi satu-satunya negara dengan produksi minyak bumi terbesar di dunia bahkan melampaui negara-negara di Teluk Arab,

dan faktanya produksi minyak mentah yang dilakukan oleh Amerika mencapai angka rata-rata 11.000.000 hingga 13 juta barel per hari dilansir dalam energy information administration

dengan iklimnya wilayah kutub utara jumlah cadangan minyak bumi yang dikuasai oleh Amerika juga melonjak menjadi 300 miliar barel atau nyaris seperempat dari jumlah cadangan minyak bumi di dunia.

Tak mengherankan jika pendapatan Negeri Paman Sam termasuk yang paling tinggi di dunia, produk-produk Amerika pun sudah sangat mendunia mulai dari teknologi, makanan olahan, otomotif, industri penerbangan, industri hiburan, pangan dan Manufaktur lainnya menjadi fondasi bagi negara berupa populasi 330 juta jiwa tersebut.

Pendapatan untuk perkapita negara Paman Sam tersebut mencapai 63.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 897 juta rupiah. Adapun industri teratas di negara Paman Sam itu yakni real estate, perawatan kesehatan dan juga teknologi.

6. Singapura

Selanjutnya peringkat ke-6 yakni negara tetangga kita Singapura, Singapura adalah negara terkaya di Asia Tenggara meskipun Singapura tidak memiliki sumber daya alam layaknya negara lain, menurut halaman trading economics warga Singapura memiliki pendapatan perkapita sebesar 58000 dolar Amerika Serikat atau rp840 per tahun.

Dari mana ya Singapura mendapatkan penghasilan yang cukup masif Menurut data dari di observatory Of Economic complexity produk ekspor utama Singapura adalah komponen elektronik, emas, kontraktor, Migas, perbankan dan juga jasa.

Singapura juga menjadi gerbang perdagangan penting bagi banyak negara di Asia dan juga di dunia PDB per kapita negara Asia Tenggara ini sebesar 580.00 dolar Amerika Serikat atau sekitar 832 juta rupiah.

Penggerak ekonomi di negara Singapura yakni Jasa Keuangan manufaktur serta minyak dan juga gas.

7. Denmark

Dan nomor 7 yakni Denmark kerajaan Denmark memiliki perekonomian berbasis layanan yang modern yang bersaing secara internasional. Artinya selama pandemi sektor rumah tangga dan keuangan publik tidak begitu terpengaruh ketimbang negara-negara yang sangat bergantung pada kegiatan manufaktur pariwisata dan ekspor minyak bumi.

Dilihat dari PDB perkapita Denmark yakni sekitar 58000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 828 juta rupiah penopang ekonomi salah satu negara paling bahagia di dunia ini adalah industri, jasa perdagangan dan juga manufaktur.

8. Islandia

Peringkat 8 negara terkaya di dunia yakni Islandia negara es kutub utara di benua Eropa ini walaupun jumlah penduduknya hanya 329000 jiwa namun pendapatan perkapitanya bisa 53.000 dolar per tahun,

dilihat dari PDB perkapita Islandia sendiri juga sebesar 57000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 813 juta rupiah, Sektor industri teratas di negara ini adalah jasa manufaktur konstruksi dan juga utilitas.

9. Qatar

Selanjutnya yg nomor sembilan yakni Qatar, Mengapa Qatar bisa menjadi negara yang kaya raya menurut halaman love money negara kecil tersebut bisa menjadi kaya karena merupakan negara penghasil gas alam terbesar di dunia selain itu negara berpopulasi 2,7 juta jiwa tersebut juga memiliki ladang minyak mentah yang siap mereka olah dalam jumlah yang masiv.

PDB per kapita kotor sebesar Rp. 52.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 750 juta rupiah, serta mesin ekonomi negara di Timur Tengah ini adalah minyak dan gas alam tentunya, sementara sektor nonmigas yang mendukung pendapatan negara yakni manufaktur konstruksi dan juga jasa keuangan.

10. Australia

Negara terkaya Nomor 10 yakni Australia tahukah sahabat pintar bahwa Australia jadi negara paling populer bagi para orang berduit untuk tinggal astralia merupakan lokasi yang sempurna bagi orang-orang tersebut untuk melakukan bisnis Kebanyakan orang kaya tersebut memang memiliki usaha di negara-negara berkembang di Asia seperti Cina, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Singapura dan juga Vietnam.

Keamanan juga bisa menjadi faktor dibalik banyaknya orang kaya yang memutuskan pindah ke sana Australia dinilai sebagai Negara teraman bagi wanita di seluruh dunia ostralia juga merupakan tempat yang aman bagi anak-anak,

ada tren yang telah berkembang di beberapa perusahaan asal Eropa Amerika dan juga Asia yakni perusahaan ini sengaja membuka Kantornya di Australia dan memindahkan beberapa pegawainya untuk bekerja di sana.

Dilihat dari PDB per kapita Australia yakni sebesar 51.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 738 juta rupiah, dari sektor jasa termasuk pariwisata, pendidikan dan jasa keuangan serta tambang adalah penggerak utama ekonomi negara ini.

Negara dengan ekonomi terkaya di dunia kemungkinan besar akan bertahan di masa mendatang dengan beberapa diantaranya diperkirakan mengalami pertumbuhan yang stabil.

Oke jadi negara indonesia kita ini tidak termasuk dalam 10 negara terkaya di tahun 2022 ini ya, ya kita hanya bisa berusaha dan berdo'a pastinya agar bisa menjadi negara yang paling kaya raya di dunia. Ammin Ammin Ya Robbal Alamin..

Itu saja informasi yang bisa kami sampaikan, semoga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang luas untuk temen-temen Tekno Indo News ya, "Good Luck".

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.