Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Mudah Dan Lengkap

tekno indo news, kali ini akan membagikan tips Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Mudah Dan Lengkap, walau di dalam bacaan saat kerjakan sholat didalamnya ialah sebuah doa. Tetapi tidak prima jika tidak dihubung dengan ber Doa sesudah sholat.

Agama islam sebagai agama yang rohmatan lil'alamin, yang paling menghargakan ketidaksamaan. Karena pada intinya ketidaksamaan ialah rahmat.

Begitu halnya ibadah doa sesudah sholat beberapa ummat islam ada yang memiliki pendapat jika tidak dibutuhkan.

Karena mereka mempunyai alasan tertentu dan untuk ummat muslim yang lain yang mempraktikkan doa sesudah sholat.

Janganlah sampai mencemooh muslim yang lain yang tidak mempraktikkan Doa Sesudah Sholat Fardhu. Supaya kehidupan setiap muslim masih tetap terikat.

Riyawat Hadits Saat Do'a Sesudah Sholat Fardu

Riyawat Hadits Saat Do'a Sesudah Sholat Fardu

Ditengah-tengah banyak golongan muslimin yang memperdebatkan berkaitan ibadah Doa Sesudah Sholat Fardhu 5 waktu.

Ini kali akan ditulis info alasan disarankannya seorang hamba muslim mempraktikkan doa sesudah sholat.

Berikut ini beberapa hadist penguat berkaitan Doa Sesudah Sholat Fardhu.

Hadits Pertama

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مِنْ أَرْبَعٍ، يَقُولُ: ” اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْأَعْوَرِ الْكَذَّابِ “

Artinya :

Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berlindung kepada Allah azza wa jalla dari empat perkara ketika setiap dubur (selesai) shalat: (ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadMu dari adzab qubur,

ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadaMu dari adzab neraka, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepada dari segala fitnah yang Nampak maupun tersembunyi, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadamu dari fitnah si mata satu yang tukang dusta (Dajjal)” (H.R. Ahmad no.2778).

Hadits Ke Dua

كَانَ سَعْدٌ، يُعَلِّمُ بَنِيهِ هَؤُلاَءِ الكَلِمَاتِ كَمَا يُعَلِّمُ الْمُكَتِّبُ الغِلْمَانَ وَيَقُولُ: إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ بِهِنَّ دُبُرَ الصَّلاَةِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَعَذَابِ القَبْرِ.

Artinya : Sa’d bin Abi Waqqash bahwa ia mengajarkan anak-anaknya sebuah do’a sebagimana seseorang sedang mengajarkan anak kecil menulis dan beliau berkata: sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dubur (selesai) shalat beliau berdoa: (ya Allah azza wa jalla sesungguhnya aku meminta perlindungan kepadamu dari sifat pelit,

dan aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, dan aku meminta perlindunganmu dari sifat pikun, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepadamu dari adzab qubur” (H.R. Bukhari 2822, Attirmidzi 3567)

Hadits Ke Tiga

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ يَوْمًا، ثُمَّ قَالَ: ” يَا مُعَاذُ إِنِّي لَأُحِبُّكَ “. فَقَالَ لَهُ مُعَاذٌ: بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللهِ وَأَنَا أُحِبُّكَ. قَالَ: ” أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ أَنْ تَقُولَ: اللهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ “

Artinya : Pernah suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memegang tangannya seraya bersabda (wahi Mu’adz, sungguh aku mencintaimu) lalu Muadzpun menimpali: (demi ayah dan ibuku wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sungguh aku mencintaimu),

lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: (aku berwashiat agar engkau tidak pernah meninggalkan untuk membaca doa berikut setiap di dubur shalat: ya Allah azza wa jalla bantulah aku untuk senantiasa berdzikir kepadaMu, dan mensyukuriMu, dan baik dalam dalam beribadah kepadaMu” (H.R. Ahmad 22119, An-Nasai 13303, Abu Dawud 15522, Ibnu Hibban )

Hadits Ke Empat

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوبَةٍ: «لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ، وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ».

Artinya : “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tiap kali dubur shalat. Beliau membaca: (Tidak ada Tuhan selain Allah azza wa jalla semat, dan tidak ada sekutu bagiNya. MilikNyalah segala kerajaan, dan bagiNyalah segala pujian, dan Allah azza wa jalla maha mampu atas segala sesuatu, ya Allah azza wa jalla. Sungguh tidak ada yang mampu menahan pemberianmu,

dan taka da yang mampu memberi apa yang engkau tahan, dan kekayaan seseorang tidak mampu menyelamatkannya dari siksamu di akhirat kelak)” (H.R Bukhari dan Muslim ).

Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Diatas sudah dituliskan terkait hadits Doa Setelah Sholat Fardhu maka selanjutnya akan disampaikan beberapa doa yang sering dibaca oleh Rosulullah setelah selesai sholat.

Sebenarnya doa apa saja yang penting makna dan tujuannya baik tidak menjadi masalah. Terlebih jika menginginkan hajat duniawi tentu selain bekerja harus dibarengi doa juga.

Sedangkan waktu luang untuk berdoa hususnya bagi para pekerja adalah saat selesai melaksanakan sholat fardu 5 waktu.

Akan tetapi lebih bagusnya mengikuti doa yang sering dibaca oleh Rosulullah SAW jika ingin mengambil sunnah dan barokahnya.

Doa Setelah sholat Yang Ke satu

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Allah azza wa jalla semat, dan tidak ada sekutu bagiNya, milikNyalah segala kerajaan, dan bagiNyalah segala pujian, dan Allah azza wa jalla maha mampu atas segala sesuatu, ya Allah azza wa jalla,

sungguh tidak ada yang mampu menahan pemberianmu, dan taka da yang mampu memberi apa yang engkau tahan, dan kekayaan seseorang tidak mampu menyelamatkannya dari siksamu di akhirat kelak”.

Doa Setelah sholat Yang Ke Dua

Diriwayatkan oleh Sa’id bin Abi Waqqash Sesungguhnya Rasulullah SAW setiap kali selesai dari shalat beliau berdoa :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Artinya : “Ya Allah azza wa jalla sesungguhnya aku meminta perlindungan kepadamu dari sifat pelit, dan aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, dan aku meminta perlindunganmu dari sifat pikun, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepadamu dari adzab qubur” (H.R. Bukhari ).

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa Setelah sholat Yang Ke Tiga

Ummu salamah menyampaikan : Bahwa Rasulullah SAW apabila selesai shalat subuh beliau berdoa:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya : “ya Allah azza wa jalla aku meminta kepadamu ilmu yang bermanfaat, dan rezqi yang Thoyyib, dan amalan yang diterima” H.R. Ahmad dan Ibnu Majah.

Doa Setelah sholat Yang Ke Empat

Diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal : Bahwasanya Rasulullah SAW berwasiat kepadanya agar tidak meninggalkan doa setiap ahir sholat dengan kalimat ini :

اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya : ya Allah azza wa jalla bantulah aku untuk bisa selalu berdzikir kepadaMu, dan mensyukuriMu, dan bagus dalam beribadah kepadaMu) H.R. Abu Dawud, dan Annasai dengan sanad yang kuat.

Penutup

Inilah penjelasan terkait Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Mudah Dan Lengkap semoga bermanfaat sebagai amalan tambahan setelah sholat.

sumber : ayovaksindinkeskdi.id

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.