Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner

Sebagai seorang blogger, kamu perlu tahu bagaimana cara riset keyword di Google Keyword Planner. Dimana alat ini akan memberikan dukungan tersendiri bagi kamu dan bisa diandalkan.

Kamu bisa menemukan keyword berkualitas untuk kamu jadikan konten artikel terbaik. Tentu saja dengan harapan, keyword yang kamu tulis bisa terindex pada halaman pertama Google search.

Apalagi jika kamu memang membutuhkan metode SEO dan Google Ads terbaik dan cepat. Kamu bisa mempelajari cara riset keyword di Google Keyword Planner dengan mudah untuk diterapkan.

Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner

Beberapa Tips Jitu Menggunakan Google Keyword Planner

Sebelum kita lanjut pada ulasan mengenai cara riset keyword di Google Keyword Planner. Kamu bisa menyimak beberapa tips jitu untuk menggunakan aplikasi satu ini agar mendapatkan keyword bagus.

Beberapa tips yang dimaksud adalah:

1. Kamu bisa memanfaatkan penyaringan kata kunci atau filter keyword hingga 10 macam dalam satu kali pencarian.

2. Pengguna tool ini, juga bisa menggunakan ide terbaik dari kompetitor yang dijadikan sebagai rujukan atau sumber.

3. Kemudian, kamu juga bisa menemukan dulu jenis keyword yang paling potensial untuk dipakai sebagai bahan konten atau tulisan pada website.

4. Selanjutnya, kamu juga bisa mengatur lokasi pencarian pada Google Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci yang akan digunakan.

5. Berikutnya adalah, kamu harus mengetahui jenis perangkat yang akan kamu pakai dan dimana lokasi yang paling populer untuk menggunakan keyword yang diinginkan.

Nah, dari beberapa tips di atas, kamu bisa menjadikannya sebagai pedoman dasar untuk pencarian keyword yang bermutu. Tetapi apakah kamu sudah paham apa itu Google Keyword Planner?

Jika belum sepenuhnya memahami tool ini, kamu bisa menyimak penjelasan yang kami bagikan berikut ini!

Deskripsi Google Keyword Planner

Deskripsi Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan salah satu tool yang bisa kamu gunakan untuk riset keyword dan masuk dalam layanan Google Ads. Penggunaan tool satu ini juga sangat mudah kamu mengerti.

Dimana tool satu ini memiliki kemampuan khusus untuk menemukan kata kunci dan membuat iklan pada Google Ads. Pastinya ini akan sangat berguna bagi kamu yang berprofesi sebagai blogger.

Tapi perlu kamu ketahui bahwa untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus mendaftar pada Google Ads. Tujuannya agar kamu bisa menggunakan tool Google Keyword Planner pada perangkat.

Namun, kamu juga bisa menggunakan tool Google Keyword Planner ini tanpa harus memasang iklan pada Google. Bagaimana caranya? Silahkan kamu lihat penjelasannya berikut ini secara lengkap!

Cara Mudah Daftar Google Keyword Planner

Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar pada Google Keyword Planner tanpa menggunakan Google AdWords. Maka langsung saja kamu ikuti panduan mendaftar yang mudah berikut ini!

• Pertama buka Google Ads dan klik pada opsi tool lalu keyword planner.

• Lanjut dengan membuat akun dan klik opsi new Google ads account.

• Klik lagi pada pilihan tujuan Google Ads sesuai keinginan kamu.

• Lengkapi semua data dari bisnis kamu dengan mengisi website bisnis.

• Lanjutkan dengan menentukan jangkauan konsumen untuk iklan kamu.

• Kemudian silahkan tentukan lagi target pencarian untuk iklan yang muncul.

• Berikutnya silahkan buat headline dan deskripsi yang sesuai.

• Lalu, silahkan kamu tentukan lagi budget untuk iklan pada Google Ads.

• Lanjutkan dengan mereview iklan yang dibuat secara benar.

• Jika sudah, maka tentukan metode pembayaran sesuai dengan ketentuan.

• Proses selesai.

riset keyword

Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner

Nah, berikutnya setelah kamu mengetahui bagaimana cara daftar pada Google Keyword Planner. Maka kamu bisa mempelajari cara riset keyword di Google Keyword Planner dengan mudah.

Ada dua metode yang bisa kamu rujuk untuk menggunakan tool ini saat ingin riset keyword. Agar tidak bingung, simak baik-baik penjelasan berikut!

1. Layanan Discover New Keywords

Metode ini memungkinkan kamu menemukan keywords yang berhubungan dengan topik pada website kamu. Kamu akan menemukan 10 macam keyword dalam satu pencarian.

Masukkan saja semua kata kunci yang ada dan silahkan kamu klik pada opsi Get Result. Kemudian lihat tampilan notifikasi seperti :

• Pertama, Average Monthly Search,

• Kedua, Competition,

• Ketiga, Top of page bid/ low range,

• Keempat, Top of page bid/ high range, dan

• Kelima, Broaden your search.

Atau kamu lebih memilih menemukan keyword terbaik dengan memasukkan URL website milik kamu. Ini lebih gampang, karena hanya perlu memasukkan alamat website dan tunggu hasilnya.

Setelah itu, kamu akan melihat daftar notifikasi yang sama persis dengan daftar yang ada pada laman atas.

baca juga : Mengenal Apa Itu Keyword Golden Ratio

2. Layanan Get Search Volume and Forecast

Get Search Volume and Forecast merupakan dukungan bagi pengguna dengan dua informasi yakni forecast dan historical metrics.

Caranya juga sangat mudah untuk kamu lakukan, hanya dengan memasukkan keyword yang akan kamu riset. Maka, setelah itu kamu akan melihat tampilan informasi seperti berikut:

• Clicks

• Impression

• Cost

• CTR

• Average CPC

• Average position

Penutup

Untuk cara riset keyword di Google Keyword Planner, kami rasa kamu sudah cukup paham metodenya. Kamu bisa menerapkannya di kemudian hari untuk menemukan keyword berkualitas.

Tekno Indo News
Tekno Indo News Tekno Indo News adalah sebuah website sebagai wadah media yang membahas tentang infomasi terbaru seputar teknologi, tips dan trik, internet, review gadget, android lain-lain.